Berita PKS

Pipin Sopian: Sinergisitas yang Tidak Baik Pengaruhi Kualitas DPT

08 Nov 2018 | 14:45 WIB

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail Ketua Departemen Politik DPP PKS, Pipin Sopian (Donny/PKS Foto)

Jakarta (08/11) -- Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sayangkan kualitas Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019 yang menuai banyak masalah.

Ketua Departemen Politik DPP PKS, Pipin Sopian menuturkan kualitas DPT yang bermasalah tersebut disebabkan oleh tidak adanya sinergisitas yang baik antara lembaga penyelenggara Pemilu.

"Kita menemukan bahwa sinergisitas antar lembaga penyelenggara Pemilu tidak baik, akibatnya berdampak pada kualitas DPT yang menuai banyak masalah dan belum selesai hingga sekarang," terang Pipin di Kantor DPP PKS, Jakarta Selatan, Kamis (08/11/2018).

Menurut lelaki lulusan Ilmu Politik Universitas Indonesia ini, seharusnya masalah sinergisitas antar lembaga ini bisa diselesaikan jauh-jauh hari. Agar, lanjut Pipin, masyarakat tidak menjadi korban dengan tercederainya hak demokrasi mereka untuk memilih.

"Ini seharusnya tidak terjadi jika sedari awal ada sinergisitas dan kerjasama yang baik antara lembaga negara. Sehingga, publik tidak menjadi korban, hak demokrasi mereka tidak tercederai," katanya.

Pipin juga menjelaskan, PKS selama ini telah menemukan dan melaporkan temuan masalah di DPT kepada KPU dan telah diproses temuan PKS tersebut oleh KPU.

Pipin menegaskan, jika pada tanggal 16 November mendatang, DPT yang diresmikan oleh KPU tidak mengalami perbaikan, PKS akan menolak dan meminta perpanjang waktu kembali agar KPU melakukan perbaikan DPT ulang.

"Kemungkinan besar kita tidak bisa melakukan apa-apa, kalo disampaikan data 18 juta, kemudian disampaikan sebelum itu kami tidak menerima datanya, kemungkinan besar PKS akan menolak dan meminta perpanjang waktu," tegas Pipin.